Layanan
Telematika digunakan dalam beberapa bidang, 4 diantaranya :
A. Layanan
Telematika di bidang Informasi
Penggunaan
teknologi telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan,
serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika
juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Contohnya ada pada Wartel dan
Warnet.
Wartel
dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi
dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan
telepon dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang
tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh
karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan
dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan
pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah,
sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk balai-balai Informasi. Untuk
melayani lokasi- lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
B. Layanan
Telematika di bidang Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data.
Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control
dan auditing. Layanan ini melindungi sebuah informasi maupun data agar tidak
mudah diambil atau diakses oleh pihak lain yang tidak berwenang. Peningkatan
keamanan jaringan dapat dilakukan terhadap:
·
Rahasia (Privacy)
Dengan
banyak pemakai yang tidak dikenal pada jaringan menyebabkan penyembunyian data
yang sensitif menjadi sulit.
·
Keterpaduan Data (Data Integrity)
Karena
banyak node dan pemakai berpotensi untuk mengakses sistem komputasi, resiko
korupsi data adalah lebih tinggi.
·
Keaslian (Authenticity)
Hal
ini sulit untuk memastikan identitas pemakai pada sistem remote, akibatnya satu
host mungkin tidak mempercayai keaslian seorang pemakai yang dijalankan oleh
host lain.
·
Convert Channel
Jaringan
menawarkan banyak kemungkinan untuk konstruksi convert channel untuk aliran
data, karena begitu banyak data yang sedang ditransmit guna menyembunyikan
pesan.
C. Layanan
Context Aware dan Event-Based
Layanan
Context awareness memiliki kemampuan sistem yang dapat memahami user, network,
lingkungan, dan dengan pemahaman tersebut dapat melakukan adaptasi yang dinamis
sesuai kebutuhan user. Ada tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware
menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
·
The acquisition of context
·
The abstraction and understanding of
context
·
Application behaviour based on the
recognized context
Navigation
Navigasi
merupakan suatu proses untuk membaca dan mengendalikan pergerakan suatu
kendaraan atau benda dari satu tempat ke tempat lain..
Global
Navigation Satellite System atau GNSS
GNSS
merupakan sebuah istilah untuk sistem navigasi satelit yang menyediakan posisi
dengan lingkup yang global atau luas.
LBS
(Location-Based Service)
LBS
(location-based service) merupakan bagian yang lebih sederhana dalam context
awareness, pada saat user mencari keyword tertentu, maka ia akan mendapatkan
hasil yang berbeda tergantung pada posisi user.
D. Layanan
Telematika di Bidang Transportasi
Telematika
transportasi adalah cabang teknologi yang mengintegrasikan telekomunikasi dan
software engineering di bidang sistem transportasi. Saat ini bidang ini telah
memainkan peran penting dalam manajemen efektif jaringan infrastruktur
transportasi dan menyediakan kolaborasi optimum antara berbagai jenis tipe
transportasi, atau yang dikenal dengan transportasi multimodal (multimodal
transport).
Sistem
transportasi cerdas, mendukung dan menyediakan berbagai jenis layanan
transportasi ke institusi dan pribadi. Karena, kategori user di dalam layanan
telematika transportasi adalah tidak homogen, maka berbagai jenis layanan harus
disiapkan penyelenggara jasa. User2 tersebut adalah sbb:
•
Sistem Telematika Trafik
•
Sistem Telematika Vehicle pada strategi kendali (Hybrid electric vehicle)
cerdas
•
Space Vector Modulation = Modulasi Vector Ruang (RVM)
•
Matrix converter
Keuntungan
Layanan Telematika
Adanya
layanan telematika pada bidang-bidang yang disebutkan diatas, sangat membantu
dan memudahkan user / masyarakat dalam pengolahan dan penyampaian informasi,
otomatisasi, dan memberikan kenyamanan dari layanan keamanan tersebut.
Kerugian
Layanan Telematika
Penggunaan
layanan telematika dengan maksud kejahatan (cyber
crime) masih sering terjadi dan bisa menimbulkan kerugian yang besar. Teknlogi
informatika yang canggih untuk layanan telematika memerlukan biaya dan
perawatan yang mahal.
Saran
Regulasi
yang kuat dan tindakan tegas dari pemerintah pada keamanan layanan telematika,
agar tidak banyak terjadi kecurangan dan manipulasi, sehingga user/masyarakat
benar-benar merasakan kemudahan dan kenyamanan.
Sumber
http://novatyas.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika-teknologi-wireless.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/pengantar-telematika-materi-2/
http://adhek09.wordpress.com/2009/11/30/layanan-telematika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar